Monday, July 31, 2017

7 Tips Ampuh Atasi Sembelit Pada Ibu Hamil

7 Tips Ampuh Atasi Sembelit Pada Ibu Hamil

7 Tips Ampuh Atasi Sembelit Pada Ibu Hamil - Tahukah Anda bahwa seorang wanita yang tengah hamil mengalami pembesaran perut hingga 500 kali lipat? Itu membuktikan bahwa perjuangan seorang Bumil (ibu hamil) sangatlah berat, belum lagi berbagai masalah yang mewarnai kehamilan. Entah itu yang berhubungan dengan fisik maupun mentalnya. Dan diantara sekian keluhan Ibu hamil, salah satu masalah yang termasuk paling menyiksa adalah keluhan sembelit atau susah buang air besar.

Bayangkan, sudah perut buncit yang terasa berat dan keluhan rasa sakit pada pinggang, ditambah sembelit yang membuat perut Bumil makin sesak dan begah. Tentunya keadaan ini bukan saja menyiksa Ibunya, bahkan si cabang bayi dalam perut pun ikut merasakan dampak buruknya.

Penyebab Sembelit Pada Ibu Hamil

Penyebab sembelit sering kali menyerang Ibu hamil, kebanyak karena tingginya kadar hormon progesteron di dalam sistem peredaran darah yang mengakibatkan otot polos di usus besar menjadi relaks. Sehingga kerja usus besar menjadi lamban lalu makanan akan bermukim lebih lama. Penyebab lainnya, yakni rahim ibu hamil membesar dan menekan usus sehingga menghambat kinerja usus, yang kemudian akhirnya terjadi konstipasi atau keluhan sembelit.

7 Tips Mencegah Dan Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

1. Jangan Tahan BAB

Hindari menahan buang air besar, hal itu mengakibatkan tinja mengeras dan sakit saat buang air besar selanjutnya. Selain itu hal ini bisa memicu wasir.

2. Konsumsi Buah dan Sayur Tinggi Serat

Memperharikan gizi dan makanan yang Anda konsumsi, akan baik bagi tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu hamil. Buah dan sayur tinggi serat seperti bayam, pepaya, dan lain sebagainya bagus untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

3. Perbanyak Minum

Tubuh ibu hamil akan lebih banyak menyerap cairan, sehingga seringkali ibu hamil mengalami dehidrasi apabila kekurangan cairan. Untuk itu dianjurkan bagi ibu hamil minum air putih minimal 8 gelas sehari, selain baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Efek air putih berguna untuk melunakkan tinja sehingga ibu hamil tidak mengalami sembelit.

4. Olahraga Teratur

Tidak cuma bagus bagi kesehatan, olahraga ternyata bisa membantu meringankan sembelit. Tapi jangan melakukan olahraga berat, Andacukup melakukan olahraga ringan sepertijalan, senam, dan berenang.

5. Batasi Zat Besi

Seringkali ibu hamil mengalami anemia sehingga dokter meresepkan zat besi tambahan. Nah, jika kebutuhan zat besi tersebut telah terpenuhi, maka ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi zat besi karena zat besi yang bersifat mengikat ini bisa membuat Anda sembelit.

6. Hindari Obat Pencahar

Biasanya saat sembelit, orang akan menggunakan obat pencarah sebagai solusi cepat untuk mengatasi sembelit. Akan tetapi, pada ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan mengkonsumsi obat pencahar. Konsultasikan pada dokter, dan lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi buah pepaya atau kiwi sebagai pengganti obat pencahar yang alami tanpa efek samping.

7. Minumlah Probiotik

Probiotik atau bakteri baik mampu merangsang bakteri di dalam usus untuk menguraikan sisa-sisa makanan dengan lebih baik dan membantu melancarkan buang air besar.

Untuk memaksimalkan penyembuhan sembelit pada Bumil, selain dengan melakukan tips di atas, sebaiknya dibarengi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa mempercepat penyembuhan keluhan ini.

Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Keluhan Sembelit Pada Ibu Hamil
  • Mengkonsumsi Buah Pepaya : Dalam buah pepaya terkandung vitamin C dan serat yang cukup tinggi. Dan ternyata hal ini bisa bermanfaat untuk mengatasi sembelit, terutama sembelit pada Bumil atau Ibu hamil. Jadi, sebaiknya gunakan buah pepaya sebagai hidangan pencuci mulut setelah selesai makan.
  • Buah Kismis : Buah kismis juga juga merupakan salah satu buah yang juga dipercaya mengobati keluhan sembelit. Terlebih pada Ibu hamil. Itu karena, dalam buah ini juga terkandung serat yang sangat tinggi. Disarankan Sebelum mengonsumsi buah ini, sebaiknya direndam dulu. Baru kemudian di konsumsi setiap pagi.
  • Buah Strawberry : Selain kedua buah di atas, berikutnya yang juga di yakini bisa membantu penyembuhan sembelit adalah buah strawberry. Buah ini juga merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
  • Mengkonsumsi Temulawak : Sudah dari zaman nenek moyang dulu, temulawak dipercaya untuk mengatasi keluhan sembelit. Cara membuatnya cukup mudah, pertama-tama siapkan temulawak yang masih muda, kemudian bersihkan dengan air hingga bersih. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Tunggu sampai agak dingin dan minum rebusan tersebut. Lakukan pengobatan ini 2 hingga 3 kali saja setiap harinya, atau sampai keluhan reda.
Itulah beberap tips mengatasi dan mencegah sembelit pada ibu hamil. Yang tak kalah penting, hindari penyebab sembelit seperti makanan yang mengikat seperti telor, pisang dan lain sebagainya. Lawan dengan makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.