Tuesday, July 25, 2017

Cara Menjaga Anak Tetap Sehat Saat Bepergian

Menjaga Anak Tetap Sehat Saat Bepergian - Namanya anak-anak paling senang kalau diajak bepergian, apalagi yang judulnya liburan. Rasa jenuh bermain dirumah membuat mereka langsung berbinar-binar jika ada yang mengajak bepergian jauh, apalagi sambil menginap. Bagi anak-anak, liburan adalah saat-saat terbaik bagi mereka untuk melakukan aktifitas yang mengasyikkan dan menyenangkan, berkunjung ke tempat-tempat baru, bersama orang-orang terkasih.

Namun bagaimana bila tempat yang dituju suasananya sangat berbeda dengan di rumah? Misalnya dari segi cuaca, bahasa dan makanan? Bagaimana agar selama perjalanan dan sampai di rumah, balita Bunda tetap dalam keadaan sehat?

Menjaga Anak Tetap Sehat Saat Bepergian

Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda terapkan saat bepergian dengan anak-anak balita.
  • Sempatkan ke periksakan anak ke dokter. Alangkah baiknya jika ingin bepergian jauh, anak dibawa menemui dokter terlebih dahulu. Dokter akan menjawab semua pertanyaan Bunda dan akan menjelaskan apa yang harus Bunda persiapkan saat hendak bepergian jauh. Termasuk obat-obatan yg harus disiapkan jika balita Bunda memiliki penyakit tertentu
  • Perbanyak konsumsi air putih. Banyak minum air putih sangat baik untuk mencegah anak dehidrasi, sekaligus menjaga agar tubuhnya tetap fit. Dehidrasi dapat mempengaruhi kemampuan mental dan konsentrasi, sehingga anak tidak dapat menikmati liburannya.
  • Siapkan cemilan bergizi. Jika perjalanan jauh, balita Bunda akan menjadi lebih cepat lapar. Karena biasanya mereka tidak fokus untuk bisa berlama-lama duduk di meja makan saat jam makan sebelum berangkat, dan seringkali Bunda khawatir bila hanya sedikit makanan yang balita Bunda konsumsi. Salah satu alternatifnya adalah dengan menyiapkan berbagai cemilan bergizi selama di perjalanan, seperti pudding susu, roti gandum, dan lain-lain.
  • Persiapkan segala kebutuhan saat di kendaraan. Terutama untuk perjalanan jauh menggunakan pesawat atau kereta api, siapkan keperluan agar balita nyaman selama perjalanan. Misalnya jaket, penutup telinga (bila menggunakan pesawat), dan kaos kaki.
  • Sering beristirahat. Bila menggunakan kendaraan pribadi, hendaknya sering-sering berhenti. Hal ini ditujukan agar balita Bunda bisa menghirup udara segar atau sekedar merenggangkan tubuh atau ke toilet.
  • Bawa peralatan untuk aktifitas diluar ruangan. Liburan sekaligus olahraga? Kenapa tidak?! Pikiran refresing, badanpun sehat. Perlengkapan yang bisa dibawa seperti bola pantai, sepatu roda, dan sepeda lipat (jika memungkinkan). Selalu sedia kotak persediaan obat. Obat antiseptik, gel pengurang gatal, paracetamol, balsam dan oralit, adalah obat-obat yang seharusnya selalu ada di tas perjalanan balita Bunda.
  • Siapkan makanan kesukaan anak. Hal ini dapat dilakukan jika ditempat tujuan terdapat fasilitas untuk memasak. Tujuannya mencegah anak mogok makan karena makanan setempat tidak cocok dengan lidah anak.
Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk menjaga anak tetap sehat saat bepergian. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment