Monday, July 31, 2017

Kenali Gejala Gatal Pada Bayi dan Cara Mengobatinya

Gatal pada bayi jangan dianggap remeh, kenali gejalanya dan cara menangani atau mengobati yang benar, Sering kita dapati pada buah hati kita muncul bintik serta bentol di kulit badannya. Bintik dan bentol tersebut tentunya bikin buah hati merasa tidak nyaman apalagi kulit bayi sangat sensitif serta rentan terhadap iritasi.

Gejala Gatal Pada Bayi dan Cara Mengobatinya

Penyebab Umum Gatal- Gatal Pada Kulit Bayi


Adapun beberapa penyebab gatal kulit pada bayi antara lain karena biang keringat,iritasi dari sabun, biduran,exim,kulit yang terlalu kering,alergi terhadap makanan,gigitan serangga,atau juga bisa terinfeksi dari jamur,bakteri,parasit ataupun virus.

Gejala gatal pada bayi, sementara itu untuk tindakan pengobatan pertama pada bayi bisa dengan di kasih bedak gatal. Dan tentunya, jangan lupa pastikan bedak gatal tersebut memang khusus dan di rekomendasikan untuk kulit bayi Anda yang sensitif. Selain itu kita sebagai orangtua harus selalu tanggap dan tidak boleh menyepelekan perubahan keadaan sekecil apapun.

Mencari penyebab yang mendasari gatalnya adalah sangat penting, dan sangat bijak. Mungkin pengobatan rumah adalah yang terbaik apabila dari analisa yang kita temukan penyebabnya cuma di gigit serangga atau cuma karena biang keringat.

Tapi untuk gatal yang disertai dengan gejala lain yang tidak ditemukan penyebab yang jelas maka itu perlu di waspadai dan sebaiknya jangan ditunda untuk membawanya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini adalah langkah-langkah terbaik yang bisa bapak ibu lakukan untuk mengobati gatal-gatal pada buah hati anda.

  • 1. Mandikan bayi Anda menggunakan air dingin dan gunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembab agar kulit tidak menjadi kering. Jangan gunakan sembarang sabun atau sampo karena bisa menyebabkan gatal menjadi lebih parah. Kalau bisa hidari juga mandi dengan air hangat karena bisa menyebabkan kulit kering yang tentunya bisa memicu gatal bertambah parah.
  • 2. Setelah mandi untuk membersihkan sisa air yang menempel di badan gunakan kain halus dan tepuk-tepukkan pelan-pelan. Jangan menggosok kulit bayi dengan handuk karena itu dapat meningkatkan iritasi dan kekeringan sehingga menyebabkan rasa gatal di kulit
  • 3. Pakailah lotion pelembab ke kulit bayi sesegera mungkin setelah kulitnya sebagian besar kering dari sisa air mandi .Bila di perlukan oleskan salep khusus untuk menghilangkan gatal (banyak dijual di apotek)
  • 4. Pakaikan bayi anda pakaian yang terbuat dari jenis kain yang bisa menyerap keringat ,kain yang ringan, halus dan bisa memberi efek dingin di kulit,seperti katun atau sutra. Hindari penggunaan kain wol atau kain yang menyebabkan gatal lainnya.
  • 5. Menjaga kulit bayi agar tetap dingin dan untuk menghindari perubahan suhu yang cepat siapkan kompres dingin atau atau waslap basah kompreskan ke bagian kulit yang gatal.
  • 6. Usahakan untuk memotong kuku bayi anda untuk mencegah iritasi dan kerusakan kulit apabila bayi anda menggaruk di bagian kulit yang gatal
  • 7. Untuk pertolongan lebih lanjut bisa juga anda berikan bayi obat antihistamin over-the-counter oral. Obat-obat jenis ini dapat membantu meredakan peradangan gatal serta gejala lain yang berasal dari reaksi alergi ringan.
  • 8. Mengoleskan krim hidrokortison pada kulit yang gatalnya agak parah ,dan untuk gatal yang di sebabkan jamur bisa juga gunakan salep mikonazole.
  • 9. Selalu jaga kebersihan pada kulit bayi,ganti lah pakaiannya sehari dua kali atau bisa langsung di ganti saat kulitnya mulai berkeringat.

Jika dalam beberapa hari setelah mendapa perawatan di atas dan ternyata gatal pada buah hati anda tidak kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya langsung bawa ke dokter.

Berikan penjelasan ke dokter secara rinci apa yang terjadi serta ceritakan juga langkah-langkah pengobatan yang telah anda lakukan yang ternyata belum berhasil tersebut. Keterangan itu sangat penting karena dari situ dokter bisa melakukan analisa lebih mendalam dan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk buah hati anda.

Demikian bapak ibu tips-tips yang bisa kami berikan,harapannya bila mungkin hal ini sedang terjadi pada anak anda maka anda sudah punya gambaran untuk melakukan langkah-langkah yang tepat untuk sibuah hati anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.