Tuesday, July 25, 2017

Mitos: Oleskan Bawang Merah Pada Kepala Bayi (Bunbun)

Mitos: Oleskan Bawang Merah Pada Kepala Bayi (Bunbun) - Para orang tua yang baru mempunyai seorang bayi pastilah akan sangat menjaga buah hati mereka agar selalu terhindar dari penyakit. Maka dari itu, akan sangat lazim di saat kita melihat seorang ibu yang akan selalu melakukan apapun demi menjaga kesehatan sang buah hati karena mereka tidak ingin buah hati tercinta mereka jatuh sakit meskipun hanya sakit ringan. Nah, beberapa dari anda mungkin pernah melihat orang tua yang mengoleskan parutan atau remasan bawang merah pada kepala dan bahkan badan bayi mereka. Anda pasti penasaran mengenai hal ini. Sebenarnya, apa alasan orang tua mengoleskan bawang merah pada kepala dan badan bayi?

manfaat bawang merah untuk bayi

Ada banyak sekali manfaat bawang merah untuk bayi salah satunya adalah menjaga bayi agar tidak kedinginan. Hal ini dikarenakan ketika dioleskan pada kulit, zat yang terkandung pada bawang merah akan mengakibatkan rasa hangat. Karena merasa hangat, bayi akan terlindung dari dingin dan dia akan lebih tahan udara dingin sehingga akan terhindar dari penyakit flu ataupun pilek. Nah, itulah mengapa alasan kenapa bawang merah banyak digunakan atau dioleskan ke kepala bayi.

Namun, hendaknya sebelum kita melakukan hal ini, kita harus mengetahui keadaan kulit sang buah hati kita. Karena bawang merah itu hangat dan bahkan terkadang terlalu panas, akan sangat tidak aman ketika kulit buah hati kita terlalu sensitif terhadap rasa hangat dan panas yang dihasilkan oleh olesan bawang merah pada kulit sang bayi. Bila sang bayi merasa tidak nyaman karena kulitnya terlalu sensitif, maka pengolesan bawang merah pada kulit bayi seharusnya dihentikan secepatnya karena akan menimbulkan kemerahan pada kulit bayi dan pastinya bayi tidak akan merasa nyaman.

Jika kulit bayi anda terlalu sensitif untuk diberikan obat tradisional seperti ini, maka hendaknya anda mencari cara yang lebih ilmiah. Sekarang banyak sekali obat flu dan pilek yang bisa digunakan untuk menjaga bayi dari gangguan penyakit tersebut. Namun, sekali lagi, konsultasikan dahulu dengan dokter anak.

0 komentar:

Post a Comment