Mitos pada Ibu Hamil dan Faktanya


Mitos pada Ibu Hamil dan Faktanya

Mitos pada ibu hamil tidak jarang berkembang dan ditemukan di masyarakat, bahkan di jaman modern seperti ini. Indonesia merupakan Negara dengan jumlah suku bangsa yang sangat banyak. Dan biasanya, setiap daerah atau suku bangsa memiliki mitos pada ibu hamil yang berbeda-beda. Sebenarnya, tidak semua mitos tepat untuk dituruti. Namun demikian, ada juga beberapa mitos yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Sebagai ibu hamil, kita harus jeli melihat mana saja pantangan yang boleh dan tidak boleh diikuti. Berikut ini adalah perbandingan beberapa mitos pada ibu hamil yang lazim ditemui di masyarakat beserta fakta ilmiahnya:

1. Pantangan Berolahraga Selama Kehamilan

Jenis mitos pada ibu hamil ini tentu saja tidak sepenuhnya benar. Pada masa kehamilan, ibu memang harus membatasi melakukan pekerjaan-pekerjaan berat, namun ibu tetap dapat melakukan jenis-jenis olahraga untuk ibu hamil seperti berenang maupun jalan santai. Olahraga ringan tersebut malah akan memberikan dampak positif bagi ibu dan janinnya. Peredaran darah ibu akan lebih lancar, sehingga janin akan mendapat suplai zat gizi dan oksigen yang cukup. Selain itu, olahraga ringan juga berfungsi mempermudah proses persalinan.

2. Minum Air Kelapa Dapat Mempercepat Persalinan

Tentu saja hal ini tidak benar. Air kelapa tidak memiliki zat apapun yang merangsang percepatan persalinan. Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efek konsumsi air kelapa bagi ibu dan janin. Namun demikian, air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang baik bagi ibu dan janin.

3. Mengkonsumsi Es Selama Kehamilan

Mitos pada ibu hamil ini tidak sepenuhnya salah. Namun yang menyebabkan bayi menjadi besar bukanlah es itu sendiri. Masyarakat kita sangat identik dengan mengkonsumsi es bersama gula atau pemanis lainnya seperti sirup, susu kental manis, dan lain-lain. Konsumsi gula berlebihan inilah yang akan memicu bayi menjadi besar.

4. Pantangan Mengkonsumsi Nanas, Pisang dan Mentimun

Sekali lagi belum ada penelitian ilmiah mengenai kebenaran mitos pada ibu hamil ini. Namun demikian, sebenarnya nanas, pisang, dan mentimun merupakan buah-buahan yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu penyerapan zat besi dan mencegah anemia pada kehamilan serta kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

Melihat beberapa fakta dari mitos ibu hamil tersebut, kita harus jeli untuk memilih mana saja mitos yang benar dan yang salah. Menghindari melakukan mitos yang salah baik selama kehamilan maupun mitos pada ibu menyusui akan melindungi ibu dan janin untuk terhindar dari masalah-masalah yang dapat terjadi selama kehamilan.

Mitos pada Ibu Hamil dan Faktanya