Apa Saja Persiapan Untuk Persalinan Ibu Hamil?


Persiapan Persalinan

Apabila waktu persalinan sudah dekat, beberapa hal harus dipersiapkan baik dari segi mental maupun materiil. Dari segi mental, sang calon ibu dapat melihat video-video ibu wanita yang melahirkan atau menyaksikan secara langsung tentang proses kelahiran bayi. Sedangkan persiapan persalinan dari segi materiil dapat dibagi ke dalam beberapa criteria yaitu menyiapkan tempat untuk melahirkan, peralatan untuk persalian dan juga peralatan bayi. Dalam memilih tempat persalinan, hendaknya anda memperhatikan jarak rumah sakit dari rumah anda juga kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi pada saat persalinan akan terjadi. Perhatikan pula prosedur yang diterapkan di rumah sakit tempat anda melakukan persalinan, fasilitas yang diberikan serta biaya yang harus anda bayar nantinya.

Hal lain yang perlu dipersiapkan untuk ibu yang akan melahirkan adalah keperluan bayi dan ibu. Perlengkapan ibu yang akan melahirkan meliputi pembalut, bra menyusui, celana dalam, gurita atau korset, baju tidur, dan baju santai. Setelah ibu melahirkan, dia akan mengeluarkan darah dari vagina-nya yang dikenal dengan darah nifas oleh karena itu mereka memerlukan pembalut layaknya wanita yang sedang datang bulan atau haid. Jika pembalut yang dipakai oleh wanita yang sedang datang bulan didisain untuk menyerap darah haid yang jumlahnya jika dibandingkan dengan darah nifas tidak terlalu banyak maka pembalut untuk ibu melahirkan didisain khusus agar dapat menyerap darah dalam jumlah banyak. Jika anda melakukan persalinan di rumah sakit, hendaknya anda membawa pembalut dari rumah karena belum tentu di toko dekat rumah sakit menjual pembalut untuk ibu melahirkan.

Keperluan lain yang perlu dipersiapkan adalah bra untuk menyusui secukupnya. Bra jenis ini bagian depannya dapat dilepas sehingga memudahkan ibu untuk menyusui sang bayi. Kemudian celana dalam juga harus dipersiapkan dengan ukuran yang sama sewaktu ibu masih hamil karena ukuran celana dalam ibu yang menyusui masih tetap sama. Lalu, korset atau gurita juga diperlukan untuk membantu mempercepat tubuh ibu kembali seperti sebelum hamil. Membawa lebih dari satu korset adalah ide bagus sebagai cadangan.

Baju tidur atau daster juga harus dibawa ke rumah sakit sebagai baju ganti ibu. Bawalah beberapa baju tidur yang dapat anda sesuaikan dengan lama anda tinggal di rumah sakit. Usahakan membawa baju tidur yang dilengkapi dengan kancing depan yang dapat memudahkan anda untuk menyusui. Baju santai juga perlu dipersiapkan untuk dipakai oleh ibu ketika pulang dari rumah sakit. Untuk keperluan bayi, ada beberapa benda yang harus anda persiapkan yaitu bedong untuk menghangatkan bayi. Bawalah beberapa bedong sebagai cadangan apabila bedong yang satu kotor. Keperluan kedua yang harus dipersiapkan adalah baju dan popok bayi. Bayi akan sering buang air besar dan kecil oleh karena itu bawalah popok dan baju bayi dalam jumlah banyak.

Kemudian, anda juga dapat membawa selimut bayi, topi, kaos kaki, dan kaos tangan bayi. Peralatan tersebut dipakaikan pada bayi untuk menghangatkan tubuhnya karena dalam tahap ini tubuh bayi masih dalam proses adaptasi dengan udara di luar rahim. Satu lagi yang perlu dipersiapkan adalah gendongan bayi. Persiapan untuk ibu dalam menyambut persalinannya adalah dengan mandi dengan air hangat untuk membuat badan nyaman, membersihkan bulu kemaluan jika nanti anda mendapatkan penjahitan, peralatan mandi, handuk, dan yang paling penting adalah mental sang ibu yang harus dipersiapkan.

Apa Saja Persiapan Untuk Persalinan Ibu Hamil?