Tahap Perkembangan Anak pada 3 Tahun Pertama


Tahap Perkembangan Anak pada 3 Tahun Pertama

Perkembangan dasar anak yaitu regulasi makan, tidur, dan emosional terjadi selama 3 tahun awal kehidupannya. Tahap perkembangan anak ini sangat penting untuk diketahui orang tua agar dapat membangun interaksi dengan anak, sekaligus memberikan asuhan yang tepat kepada anak tersebut. Setiap tahapan-tahapan perkembangan tersebut terjadi pada usia yang berbeda-beda dan membutuhkan strategi pengasuhan yang berbeda pula.

Pada awal usianya, yaitu usia nol hingga dua bulan, regulasi pada tubuh anak akan mulai mengatur ritme bangun dan tidurnya. Tidak heran di usia ini ada bayi yang tidak dapat tidur di malam hari. Hal itu terjadi karena tubuh bayi masih perlu beradaptasi untuk menemukan waktu tidurnya. Di usia ini, bayi akan berkomunikasi dengan cara menangis. Bayi akan menangis ketika merasakan lapar, sakit, nyeri, takut, atau kelelahan. Pengasuh harus belajar mengenali dan membedakan berbagai macam jenis tangisan bayi. Hal ini penting agar bayi nantinya tidak mengalami tangis yang berlebihan karena penanganan yang tidak sesuai dengan maksud tangisan bayi. Berdasarkan penelitian, bayi yang menangis berlebihan akan lebih mudah mengalami gangguan makan dan tidur dibandingkan yang tidak menangis berlebihan.

Tahap perkembangan anak yang kedua adalah tahap timbal balik dinamis, yang terjadi pada usia 2-6 bulan. Pada tahap ini, anak akan belajar untuk berinteraksi dengan pengasuhnya melalui tatapan mata, mengulang vokalisasi perkataan seseorang, dan juga menunjukkan expresinya dengan sentuhan. Jalinan hubungan antara bayi dan pengasuh sangat penting pada masa-masa ini. Tanpa adanya kedekatan hubungan antara bayi dan pengasuh, maka akan terjadi masalah kesulitan makan pada anak nantinya.

Tahap perkembangan anak lainnya adalah masa peralihan kemandirian makan dan pengaturan emosi. Tahapan ini terjadi pada usia 6 bulan hingga 3 tahun. Pada masa ini, anak akan mulai belajar untuk makan sendiri, serta belajar mengekspresikan rasa kenyang dan lapar dengan emosinya. Pada tahap ini, orang tua jangan memaksa anak untuk makan. Tawarkan makanan ketika anak merasa lapar, dan ketika anak sudah kenyang, jangan paksa anak menghabiskan makanannya.

Tahap Perkembangan Anak pada 3 Tahun Pertama