Tips dan Panduan Pemberian Makan Pada Bayi


Tips dan Panduan Pemberian Makan Pada Bayi

Tips dan Panduan Pemberian Makan Pada Bayi - Kesulitan makan pada anak merupakan masalah yang sangat banyak ditemui dimanapun. Kesulitan ini bisa saja terjadi akibat pola asuh yang salah maupun kesalahan perlakuan ketika anak sedang belajar makan. Tips dan panduan pemberian makan pada bayi penting untuk diketahui sebagai panduan bagi orang tua maupun pengasuh untuk mengajari anak mengenali berbagai jenis makanan, sehingga nantinya anak tidak akan mengalami masalah kesulitan makan. Bayi sebaiknya mulai belajar makan makanan selain ASI pada usia 6 bulan. Pada usia ini, ASI sudah tidak cukup lagi memenuhi kebutuhan anak, sehingga anak butuh asupan tambahan dari makanan padat untuk memenuhi kebutuhannya.

Pemberian makanan pertama pada anak sebaiknya dimulai dengan memberikan makanan cair dulu seperti jus buah yang tidak asam, jus sayur dan bubur susu, semuanya diberikan tanpa penambahan gula. Makanan tersebut diberikan dengan frekuensi 2-3 kali per hari, sedangkan selebihnya diberikan ASI. Makanan cair ini diberikan hingga usia bayi mencapai 8 bulan.

Ketika bayi sudah mencapai usia 8 bulan, pemberian makan pada bayi diberikan dengan konsistensi makanan yang lebih padat, seperti misalnya nasi, sayur, daging, hati dan bahan-bahan lainnya yang dimasak tanpa bumbu, kemudian dihaluskan dan disaring. Makanan jenis ini dikonsumsi sekitar 3-4 kali per hari hingga usia bayi mencapai 11 bulan. Disamping itu, ASI tetap diberikan apabila anak merasa lapar.

Apabila anak tidak mau makan atau hanya memainkan makanannya, jangan menganggap bahwa anak tersebut tidak menyukai makanannya. Ulang pemberian bahan makanan yang sama hingga 5 kali untuk sebelum anda memutuskan apakah anak anda menyukai bahan makanan tersebut atau tidak. Dalam satu sajian menu, usahakan jangan menghidangkan makanan yang terdiri lebih dari tiga jenis bahan makanan. Hal ini berguna untuk membantu anak mengenali dan mengingat berbagai jenis dan rasa bahan makanan yang dimakannya. Respon anak seperti menyentuh, mencium, memasukkan dan mengeluarkan makanannya dari dalam mulut adalah respon yang wajar. Biarkan anak melakukan hal tersebut, karena respon tersebut merupakan upaya anak untuk mengingat dan mengenali rasa makanannya.

Tips dan Panduan Pemberian Makan Pada Bayi